Friday 22 March 2019

IC Regulator - Pengertian, Fungsi dan Contoh Skematik

Materi penjelasan transistor 
          IC regulator atau IC voltage regulator adalah sebuah komponen yang banyak dipakai pada rangkaian elektronika. Dikatakan sebagai IC atau Integrated Circuit karena voltage regulator ini tersusun dari puluhan bahkan ratusan transistor, kapasitor, dioda dan resistor yang saling berintegrasi sehingga membentuk komponen IC regulator. 


IC regulator mempunyai fungsi untuk menurunkan tegangan pada level tertentu (sesusai dengan nilai pada IC regulator), sehingga seolah - olah IC regulator ini menahan tegangan pada nilai tegangan tertentu secara otomatis. Misal : IC regulator 7805 akan mengeluarkan output sebesar 5V,  IC regulator 7812 akan mengeluarkan output sebesar 12V, IC regulator 7902 akan mengeluarkan output sebesar -5V, IC regulator 7912 akan mengeluarkan output sebesar -12V. 

IC regulator memiliki beberapa jenis, yaitu jenis fixed voltage regulator, adjustable voltage regulator dan switching voltage regulator. Berikut adalah penjelasan masing - masing jenis IC regulator. 

Fixed Voltage Regulator 

          Sesuai dengan namanya, fixed voltage regulator atau pengatur tegangan tetap jenis ini memiliki ciri yaitu tegangan output yang dihasilkan tidak bisa diubah - ubah atau tetap sesuai dengan datasheet komponen. Contohnya seperti yang diatas, IC regulator 7812 akan mengeluarkan output sebesar 12V. 


Ic regulator jenis fixed atau tetap
bentuk fixed IC regulator


Fixed voltage regulator dibagi lagi  menjadi 2 jenis, yaitu positif fixed voltage regulator dan negatif fixed voltage regulator. Jenis fixed voltage regulator yang sering ditemukan di pasaran adalah IC regulator 78xx dan 79xx. IC regulator 78xx. 

IC regulator 78xx merupakan IC regulator dengan keluaran DC positif seperti contohnya 7805, 7809, 7812, 7824 dll. Sedangkan IC regulator 79xx adalah IC regulator dengan keluaran DC negatif contohnya seperti 7905, 7909, 7912, 7924 dll


          Contoh rangkaian IC regulator 78xx dan 79xx

          Dalam memasang komponen IC regulator, harus diperhatikan yang mana bagian INPUT, OUTPUT dan GROUND yang ada pada IC regulator. Jangan sampai terbalik antara ketiga pin atau kaki pada komponen ini karena jika salah memasang, dapat menyebabkan kerusakan pada komponen. Maka dari itu sebelum dapat memasang IC regulator, sebelumnya harus mengetahui yang mana kaki INPUT, OUTPUT dan GROUND terlebih dahulu. Cara yang paling gampang adalah dengan melihat datasheet komponen IC relgulator. Klick link dibawah untuk melihat datasheet IC regulator

datasheet ic regulator IC regulator 78xx (saya lampirkan yang 7812)

datasheet ic regulator IC regulator 79xx (saya lampirkan yang 7912)

Jika telah mengetahui kaki IC regulator barulah dapat memasangnya pada rangkaian elektronik. Berikut contoh pemasangan IC regulator 78xx




  • Contoh rangkaian ic regulator 7812


Berikut contoh pemasangan IC regulator 79xx



Rangkaian ic regulator 79xx

Pada dasarnya IC regulator 78xx dan 79xx memiliki fungsi dan cara kerja yang sama. yang membedakan hanyalah polaritas output yang dihasilkan. IC regulator 78xx menghasilkan tegangan output positif (dengan input positif juga tentunya) sedangkan IC regulator 79xx menghasilkan tegangan output negatif (dengan input negatif juga tentunya). 

Adjustable Voltage Regulator

          Adjustable voltage regulator adalah jenis pengatur tegangan yang nilai tegangan outputnya dapat diubah - ubah. IC regulator jenis ini mempunyai range tegangan output yang dapat dihasilkan. 

Bentuk adjustable ic regulator
bentuk IC regulator adjustable

Sama seperti fixed voltage regulator, adjustable voltage regulator juga memiliki 2 tipe yaitu adjustable voltage regulator positif dan adjustable voltage regulator negatif. Contoh dari adjustable voltage regulator positif yaitu IC LM317 dengan range tegangan output 1,2V sampai dengan 37 V. Untuk adjustable voltage regulator negatif contohnya adalah IC LM337 dengan jangkauan range yang sama dengan LM317, hanya saja LM337 negatif. 

          Contoh rangkaian IC LM317 dan LM337

          Sama dengan fixed voltage regulator, pemasangan adjustable voltage regulator tidak boleh terbalik, atau dapat merusak komponen. Untuk mengetahui konfigurasi PIN atau kakinya juga saya sarankan untuk melihat datasheetnya terlabih dahulu.

datasheet ic regulator IC regulator LM317 

datasheet ic regulator IC regulator LM337 


Berikut adalah contoh pemasangan IC LM317 dan LM337

contoh pemasangan IC LM317 dengan pengaman dioda


contoh pemasangan IC LM337

Switching Regulator Voltage

          Regulator jenis ini memiliki cara kerja yang berbeda dengan linear voltage regulator (fixed dan adjustable), namun fungsinya tetap sama yaitu untuk menahan tegangan pada outputnya. Cara kerja switching regulator voltage adalah seperti namanya "switch", dimana untuk menahan tegangan di outputnya regulator jenis ini akan mensaklar secara terus menerus untuk menyesuaikan tegangan yang input yang masuk pada switching regulator voltage agar sesuai dengan output yang dihasilkan. 

switching regulator voltage memiliki keunggulan jika dibandingkan dengan fixed dan adjustasble yaitu pada efisiensi pemakaian energi yang tinggi dan tidak menghasilkan overheat atau panas yang berlebih. 

Pemanfaatan Transistor 

  • dapat digunakan sebagai penstabil pada power suppy, adaptor dll
  • dapat digunakan sebagai pambatas tegangan agar tegangan yang masuk ke rangkaian tidak berlebih

Sekian artikel kali ini, silahkan dishare jika bermanfaat. Sampai jumpa di artikel - artikel lainnya.

Bagikan

Jangan lewatkan

IC Regulator - Pengertian, Fungsi dan Contoh Skematik
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.