Monday 25 March 2019

Pengertian Dioda Bridge (Jembatan Dioda) Lengkap Dengan Gambar Cara Kerjanya


penjelasan cara kerja dioda bridge
           Halo sobat sekalian, kita bertemu lagi pada artikel kali ini. Pada artikel ini saya ingin membahas tentang dioda bridge. Mungkin kebayakan teman - teman sudah banyak yang tau komponen ini, namun saya ingin mencoba menshare pemahaman saya tentang komponen dioda bridge. Jika mungkin nanti akan ada sedikit perbedaan atau mungkin kesalahan, saya teman - teman dapat komen biar kita bisa saling sharing pemahaman dan dapat menambah wawasan kita.



Cukup openingnya dan kita akan langsung membahas komponen dioda bridge.

Pengertian Dioda Bridge (Jembatan Dioda)

         Dioda bridge adalah sebuah komponen elektronika yang dapat digunakan untuk menyerarahkan arus tegangan AC. Mengapa tegangan AC ? jawanbannya ada pada penjelasan dibawah ini. Tetep pantengin teman - teman. 





dioda bridge


Dioda bridge terdiri dari 4 buah dioda biasa dan dirangkai sedemikian rupa sehingga dapat menyerahkan tegangan AC. Seperti yang kita tahu dan sudah saya jelaskan pada artikel sebelumnya, tegangan AC merupakan tegangan yang besar dan arahnya selalu berubah - ubah setiap waktu, berbeda dengan tegangan DC yang sudah stabil (karena bentuknya lurus dan konstan). Yang jadi masalah adalah bagaima cara kita untuk mendapatkan tegangan DC dari sumber listrik PLN yang merupakan tegangan AC (disini kita membahas tegangan AC 1 fasa). Ya, kita harus menyearahkan tegangan AC tersebut. Meskipun dengan menggunakan dioda bridge tegangan DC yang dihasilkan tidak benar - benar DC murni (DC yang benar - benar lurus.


bentuk tegangan listrik dc
tegangan DC

bentuk tegangan listrik ac
tegangan AC
Dalam 1 periode tegangan AC mempunyai 1 puncak dan 1 lembah. 1 puncah adalah positif dan 1 lembah adalah negatif. Tugas dari dioda bridge adalah mengubah 1 periode tegangan AC ini menjadi hanya memiliki 2 lembah tanpa bukit (output negatif) ataupun hanya memiliki 2 bukit tanpa lembah (output positif).

 bentuk tegangan AC setelah melewati dioda bridge
bentuk tegangan AC setelah melewati dioda bridge


Cara kerja dioda bridge

            Setelah mengetahui pengertian dioda bridge, selanjutnya kita akan membahas bagaimana dioda bridge dapat mengubah tegangan bolak - balik menjadi tegangan searah. Dioda bridge terdiri atas 4 buat komponen dioda yang disusun sedemikian rupa, oleh karena itu cara kerja dioda bridge memanfaatkan prinsip kerja dari komponen dioda, yaitu memblock dan meloloskan tegangan. Jika belum memahami cara kerja dioda, saya sarankan terlebih dahulu untuk membaca artikel : 

Jika sudah memahami cara kerja dioda, kita akan mulai membahas cara kerja dioda bridge. Dioda bridge memanfaatkan cara kerja dioda, yaitu memblock dan meloloskan arus yang sesuai. Dioda bridge dirangkai seperti ini agar dapat membuat 1 gelombang penuh. 

Untuk mempermudah, akan saya bagi menjadi 2. Yang garis biru yang dilalui arus yang negatif (dibawah nol) dan yang garis merah yang dilalui arus yang positif (diatas nol).

cara kerja dioda bridge

NOTE : Tegangan AC akan masuk secara bersamaan ke dioda bridge. 

Pertama kita akan mendapatkan sinyal positif terlebih dahulu

             Kita mulai dari atas. Saat tegangan AC mulai masuk dari bagian atas, arus akan bergerak kearah dioda nomor 1 dan 2. Sebelum masuk ke dioda, tegangan masih memiliki 1 bukit dan 1 lembah. Saat arus bergerak kearah dioda nomor 2, puncak dari dari arus AC akan diloloskan dan lembahnya akan diblock oleh anoda sehingga kita telah mendapatkan 1 puncak (puncak pertama). Selanjutnya dari bagian bawah, saat tegangan AC mulai masuk dari bagian bawah, arus akan bergerak kearah dioda nomor 3 dan 4. Sebelum masuk ke dioda, tegangan masih memiliki 1 bukit dan 1 lembah. Saat arus bergerak kearah dioda nomor 4, puncak dari dari arus AC akan diloloskan dan lembahnya akan diblock sehingga kita telah mendapatkan 1 puncak lainnya (puncak kedua). Kondisi ini akan berlanjut terus menerus selama tegangan AC melewati dioda bridge. Sehingga kalau digambarkan sinyal yang dihasilkan adalah 


hasil dioda bridge tegangan positif


Dan yang kedua kita akan mendapatkan sinyal negatif 

             Prinsipnya sama dengan yang diatas, hanya saja arus akan melewati dioda nomor 1 dan 3. Saat tegangan AC mulai masuk dari bagian atas, arus akan bergerak kearah dioda nomor 1 dan 2. Sebelum masuk ke dioda, tegangan masih memiliki 1 bukit dan 1 lembah. Saat arus bergerak kearah dioda nomor 1, puncak dari dari arus AC akan diblock oleh katoda dan lembahnya akan loloskan sehingga kita telah mendapatkan 1 lembah (lembah pertama). Selanjutnya dari bagian bawah, saat tegangan AC mulai masuk dari bagian bawah, arus akan bergerak kearah dioda nomor 3 dan 4. Sebelum masuk ke dioda, tegangan masih memiliki 1 bukit dan 1 lembah. Saat arus bergerak kearah dioda nomor 3, puncak dari dari arus AC akan diblock oleh katoda dan lembahnya akan diloloskan sehingga kita telah mendapatkan 1 lembah lainnya (puncak kedua). Kondisi ini akan berlanjut terus menerus selama tegangan AC melewati dioda bridge. Sehingga kalau digambarkan sinyal yang dihasilkan adalah 

hasil dioda bridge tegangan negatif
hasil dioda bridge tegangan negatif

Seperti yang telah saya jelaskan, output dari dioda bridge ini masih tidak DC murni dan masih terdapat riple. Untuk dapat menghasilkan DC yang lebih lurus, bisa menggunakan komponen IC regulator seperti biasa yang digunakan pada power supply.

Pemanfaatan dioda bridge

          Berdasarkan cara kerjanya, dioda bridge dapat digunakan sebagai penyearah tegangan AC pada berbagai macam alat maupun rangkaian seperti digunakan pada rangkaian power supply DC dan pada rangkaian penyearah tegangan tinggi pada pesawat radiologi.

Sekian artikel kali ini. terima kasih telah berkunjung. silahkan dishare jika bermanfaat

Bagikan

Jangan lewatkan

Pengertian Dioda Bridge (Jembatan Dioda) Lengkap Dengan Gambar Cara Kerjanya
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

1 komentar:

Tulis komentar
avatar
27 March 2022 at 22:44

Shezamanindir - Herzamanindir - Harrah's Resort Southern California
Home; About 벳 매니아 Us; 메리트카지노총판 Brands; 메리트 카지노 Contact 바카라 사이트 Us. We are 더킹카지노 Harrah's Resort Southern California, Inc. All rights reserved.

Reply