Saturday 23 September 2017

Materi PMR : KesJa (Kesehatan Remaja)

materi lengkap kesehatan remaja            
A.Pengembangan Potensi Diri

Oke langsung saja kita kemateri  KesJa (Kesehatan Remaja) atau pendidikan remaja sebaya PMR. Dan kalo kita ngomong tentang pendidikan remaja sebaya isangat identik dengan “TUTOR SEBAYA”. Tutor sebaya itu fungsi yang paling gampang adalah untuk menyelesaikan masalah kita yang sekiranya ringan atau lebih sederhananya biasa kita sebut tempat curhat. Walaupun tidak sepenuhnya betul,,, tapi gak apa2 lahh yang penting bisa nyambung dan mudah dipahami. Betul tidaaakkk ???
Kenapa harus tutor sebaya ??
Remaja butuh itu karena ahami dan didekati dengan gayanya sendiri. Pendekatan teman sebaya menjadi metode efektif untuk mengembangkan remaja karena lebih sesuai dengan jiwa remaja yang cenderung tidak suka digurui, lebih mendengar dan percaya pada apa yang dikatakan temannya.
Untuk sekarang ini sebetulnya tutor sebaya itu sangat dibutuhkan, jadi teman – teman bisa menjadi tutor sebaya dengan mengikuti PMR atau organisasi lainnya. Tapi menurut saya organisasi yang dapat membuat kita menjadi tutor sebaya adalah PMR.
“TUTOR SEBAYA SANGAT DIBUTUHKAN”
Mengapa ????????
Sekarang ini adalah era GLOBALISASI. Era dimana semua teknologi berkembang pesat, semua informasi dapat dengan mudah diakses melalui internet dan lain – lain. Jika kita tidak hati – hati maka akan sangat berbahaya buat kita. Tapi dari sinilah peran tutor sebaya dibutuhkan.


    1.   Tumbuh kembang remaja
PERUBAHAN-PERUBAHAN APA SAJA YANG TERJADI SELAMA TUMBUH KEMBANG DARI FASE ANAK KE REMAJA?” 

Pertanyaan inilah topik utama dari materi bagian ini. Setiap makhluk hidup pasti “tumbuh” dan “berkembang”. Coba tebak apa perbedaan dari kedua kata tersebut ...
Yappp perbedaannya kalau tumbuh itu berhubungan dengan fisik kita yang semakinbesar. Jika berkembang hubungannya adalah dengan fungsi alat tubuh dan jiwa dari seseorang.
Seseorang akan mengalami perubahan penting yang berupa :
a.       Perubahan bentuk (anatomi tubuh):
·         Pembesaran alat kelamin
·         Pertumbuhan rambut di beberapa tempat
·         Peningkatan kelenjar minyak dan mudah berjerawat
·         Suara berubah menjadi besar pada anak laki-laki. Pada anak perempuan, suara berubah menjadi lebih lembut
·         Pembesaran otot pada remaja laki-laki dan pembesaran pinggul serta dada bagi perempuan
b.      Perubahan faali (fungsi tubuh):
·         Alat kelamin peka dan mudah terangsang. jika terangsang alat kelamin akan membesar atau membengkak dan mengeluarkan lendir
·         Keluar sperma waktu tidur (mimpi basah) pada anak laki-laki. Bagi perempuan, mereka mengalami menstruasi pertama (yang menandakan alat reproduksi mereka sudah mulai berfungsi)
c.       Perubahan kejiwaan:„„
·         Keingintahuan yang tinggi mengenai berbagai hal, terzzmasuk pada masalah-masalah reproduksi
·         Perhatian terhadap masalah seks meningkat
·         Keberanian untuk mencoba-coba, terutama jika didesak lingkungan
·         Anak laki-laki cenderung menyendiri dan melamun. Untuk perempuan, mereka cenderung suka ngerumpi

Tumbuh kembang dipengaruhi dua faktor :

Faktor Internal :  Pembawaan

Faktor Eksternal, yang mencakup:
·         Kesehatan
·         Gizi
·         Lingkungan keluarga dan lingkungan temen sebaya serta sekolah

BAGAIMANA MENCEGAH DAN MENANGGULANGI DAMPAK
NEGATIF TUMBUH KEMBANG REMAJA?

Pencegahan dan penanggulangan risiko tumbuh kembang remaja bisa dilakukan dengan berbagai cara.

Pencegahan :

·         Meningkatkan ibadah
·         Membiasakan diri mensyukuri nikmat Allah
·         Mencari segi-segi positif pada diri masing-masing
·         Berusaha memetik pelajaran dari para remaja yang telah terjerus dalam perilaku-perilaku berisiko

Penanggulangan :

·         Menekan rasa negatif secara berkelompok
·         Berbagi cerita dan kesulitan bersama sahabat karib
·         Menyalurkan potensi diri ke hal-hal positif seperti ibadah, kegiatan sosial, olahraga, dan kesenian

APA PERAN KITA SEBAGAI TUTOR REMAJA SEBAYA ?

Peran Tutor Remaja Sebaya  antara lain:

·         Mengayomi.., menyantuni, dan menyayangi Dengan.. sabar mendengarkan keluhan para remaja
·         Meningkatkan.. motivasi berprestasi di kalangan remaja
·         Menjadi.. panutan, baik dalam sikap maupun kepribadian bagi remaja-remaja sebaya lainnya

 
   2.   Pengembangan potensi diri
“SEBERAPA PENTING CITA-CITA DALAM KEHIDUPAN MANUSIA ?”
Perntanyaan diatas adalah kunci dari materi pada bagian ini. Manusia hidup karena tujuan yang jelas. Untuk itu, setiap orang harus menetapkan tujuan hidup secara pasti. Salah satu yang pasti bagi remaja ialah CITA-CITA. Terutama mengenai cita-cita tentang pekerjaan di masa depan seiring tibanya tahap dewasa dalam kehidupan seseorang. Cita-cita bisa apa saja. Bisa berubah, bisa berganti. Semakin terperinci cita-cita seseorang, makin jelas dan mudah untuk mewujudkannya. Semakin matang usia seseorang, makin mendekati kedewasaan, hendaknya cita-cita yang ingin digapai semakin mantap.
Ikutilah kata “raihlah cita-citamu sampai setinggi langit”. Mengapa sampai setinggi langit ? karena kalau hanya setinggi atap jatuhnya langsung ketanah, jadi lebih sakit. Tapi jika cita-cita kita setinggi langit, walaupun jatuh paling tidak tidak langsung ketanah. Bisa saja nyangkut dulu kepohon. Jadi intinya kita bebas untuk bercita-cita menjadi apasaja. Dan perlu diingat harus berguna untuk masyarakat, bangsa, dan negara.
USAHA YANG BISA KITA DALAM MENCAPAI CITA-CITA

Semua manusia, sebagai ciptaan Tuhan yang paling sempurna, memiliki kelebihan. Kelebihan tiap-tiap orang sering kali disebut sebagai POTENSI DIRI. Kadang-kadang, potensi diri juga disebut sebagai FITRAH, nilai-nilai yang baik, yang dianugerahkan Tuhan kepada manusia. Kelebihan ini dapat dipelihara, diperkuat, dan dikembangkan untuk mendukung pencapaian cita-cita seseorang. Yang harus dilakukan setiap orang adalah mengenal dengan baik dan benar potensi diri masing-masing. Lalu, setidaknya setiap orang memelihara dan mengembangkan potensi diri agar bisa mewujudkan cita-cita dengan baik. Dengan kata lain, kemampuan diri tersebut dipelihara dan dikembangkan untuk mencapai fitrah masing-masing.

Ada dua hal mendasar yang bisa menghancurkan cita-cita remaja. Pertama adalah hal-hal yang disebabkan oleh ulah remaja itu sendiri semisal hamil di luar nikah, cacat karena kecelakaan, terkena penyakit mematikan seperti AIDS, dan tentu saja meninggal dunia. Kedua adalah adanya pengaruh dari luar seperti perang, bencana alam, dan masalah keluarga (misalnya perceraian orang tua serta kesulitan ekonomi)


A. Norma Sosial Dan Perilaku yang Beresiko

1.   Norma Sosial

APAKAH NORMA SOSIAL ITU ?

Norma sosial ialah serangkaian peraturan yang disepakati bersama untuk dipelihara, dijaga, dan ditaati oleh semua anggota suatu masyarakat.
Norma bisa bersumber dari:
·         agama.
·         undang-undang atau peraturan negara.
·         adat dan kebiasaan serta kesepakatan masyarakat.

APA KONSEKUENSI SESEORANG APABILA MELANGGAR NORMA SOSIAL ?

Jika norma yang dilanggar juga merupakan norma tertulis yang dituangkan dalam bentuk undang-undang, pelanggarnya akan diancam hukuman oleh negara. Apabila norma yang dilanggar juga merupakan kaidah agama, para pelaku akan terkena sanksi sesuai dengan agama masing-masing, baik sanksi di dunia maupun di akhirat kelak.

2.   Perilaku Berisiko

APAKAH PERILAKU ITU ?

Perilaku ialah keseluruhan tindakan manusia yang didasari atas pengetahuan (atau ketidaktahuan), sikap, dan tindakan.
Perilaku yang dikategorikan BERISIKO, apabila perilaku itu bisa berpeluang mendatangkan kerugian. Kalau tidak menimbulkan kerugian saat ini, paling tidak perilaku itu bisa mendatangkan musibah pada masa mendatang. Ini dapat menimbulkan kerugian terhadap diri sendiri ataupun orang lain. Kerugian ini bisa berupa material, fisik, harga diri, rasa malu, kehilangan kesempatan, kehilangan masa depan, dan seterusnya.
Contoh perilaku berisiko adalah perilaku seksual memiliki peluang yang sangat tinggi dan bisa menimbulkan berbagai kerugian kedua belah pihak yang melakukannya. Perilaku tidak aman itu antara lain seks sebelum nikah, gonta-ganti pasangan, sanggama dubur atau mulut, dan berbagai hubungan seksual tidak normal lainnya. Dalam hal ini, masturbasi sebagai jalan keluar sementara bisa saja dikatakan tidak berisiko atau risikonya belum jelas. Namun, jika dilakukan terlalu sering, perilaku ini bisa menimbulkan risiko ketergantungan. Dalam bersanggama, penggunaan kondom yang baik akan mencegah hal-hal yang tak diinginkan. Namun, jika dilakukan bukan dengan pasangan yang sah, norma dan agama tetap menanggapnya sebagai perbuatan yang salah.


      3.   Gender

Sex dan Gender

APAKAH SEKS ITU?

Seks atau jenis kelamin merupakan karakteristik biologis-anatomis (khususnya sistem reproduksi dan hormonal) diikuti dengan karakteristik fisiologis tubuh yang menentukan seorang laki-laki atau perempuan.

Laki-laki : memiliki penis, testis, dan memproduksi sperma.

Perempuan : punya vagina, rahim, melahirkan, dan menyusui.

Alat-alat tersebut berlaku untuk jangka waktu selamanya, di mana saja, dan secara fungsi tidak dapat dipertukarkan.
APAKAH GENDER ITU?

Secara mendasar, konsep gender berbeda dengan seks. Gender merupakan sifat yang melekat pada kaum laki-laki atau perempuan yang dikonstruksikan secara sosial ataupun kultural ( budaya ). Ada pula yang mengartikannya sebagai pembagian peran dan tanggung jawab baik laki-laki maupun perempuaan yang ditetapkan masyarakat ataupun budaya.

Karakteristik yang berlawanan antara laki-laki dan perempuan: 




Laki-laki
Perempuan
Maskulin
Feminin
Rasional
Emosional
Tegas
Fleksibel
Agresif
Pasif
Objektif
Subjektif
Kasar
Lembut











Padahal, sebenarnya, karakteristik tersebut bisa berubah dan dapat dipertukarkan. Artinya, perempuan bisa memiliki sifat maskulin dan tegas. Sebaliknya, laki-laki juga ada yang bersifat feminin dan lembut.

Perbedaan yang mendasar antara seks dan gender:



Seks
  • Tidak bisa berubah
  • Tidak bisa dipertukarkan
  • Berlaku sepanjang masa
  • Berlaku di mana saja
  • Berlaku bagi siapa saja
  • Ditentukan oleh Tuhan atau kodrati
Gender
  • Bisa berubah
  • Bisa dipertukarkan
  • Bergantung masa
  • Bergantung budaya masing-masing
  • Berbeda antara satu golongan dan yang lain
  • Dibentuk dan dibuat oleh masyarakat


                                                           
KETIDAKADILAN GENDER

APAKAH KETIDAKADILAN GENDER ITU ?

Ketidakadilan gender adalah berbagai tindak diskriminasi yang bersumber pada keyakinan gender.

Bentuk Ketidakadilan Gender :

·         Marginalisasi : peminggiran/pemiskinan ekonomi
·         Subordinasi : anggapan/perlakuan bahwa perempuan tidak
      penting (nomor dua)
·         Stereotipe : pelabelan/stigma
·         Violence : kekerasan
·         Diskriminasi : pembedaan
·         Multi-Berden : beban kerja lebih panjang dan banyak

Bentuk-bentuk ketidakadilan gender tersebut tak bisa dipisahkan karena satu sama lain saling berkaitan dan mempengaruhi.

KEBUTUHAN PRAKTIS dan KEBUTUHAN STRATEGIS GENDER
KUNCI MATERI

APAKAH KEBUTUHAN PRAKTIS GENDER ITU ?

Kebutuhan praktis gender adalah kebutuhan yang berhubungan untuk memenuhi kebutuhan praktis supaya seseorang bisa menjalankan fungsi sesuai dengan tugas dan peran gender masing-masing.

APAKAH KEBUTUHAN STRATEGIS GENDER ITU ?

Kebutuhan strategis gender adalah kebutuhan yang muncul dari posisi subordinat perempuan yang tidak menguntungkan dalam masyarakat. Kebutuhan strategis ini berkaitan dengan peningkatan posisi perempuan yang memerlukan waktu lama untuk mewujudkannya.

Perbedaan kebutuhan praktis dan strategis gender dapat diringkas sebagai berikut.
KEBUTUHAN PRAKTIS

Fokus pada Perempuan
  •      Memenuhi kebutuhan dasar pada saat ini (jangka pendek).
  •       Ditujukan untuk meningkatkan kondisi perempuan.
  •       Ditujukan pada kondisi perempuan di kelompok tertentu.
KEBUTUHAN STRATEGIS
  •      Fokus pada relasi gender, misalnya
  •          hubungan perempuan dengan laki-laki.
  •          Untuk meningkatkan posisi perempuan (jangka panjang)
  •          Ditujukan pada posisi perempuan dalam kategori relatif terhadap laki-laki

1.   Kesehatan Reproduksi
ALAT DAN FUNGSI REPRODUKSI
APAKAH FUNGSI REPRODUKSI?

Reproduksi merupakan kemampuan seseorang dalam memiliki keturunan sebagai bagian dari upaya pelestarian kehidupan manusia dan sekaligus untuk menjalankan perintah dari Allah SAW. Untuk tujuan mulia itulah manusia diberi alat-alat reproduksi.
BAGAIMANAKAH ALAT DAN FUNGSI REPRODUKSI PADA PRIA ?

Gambar-1: Penampang melintang alat reproduksi pria
skrotum (kantong buah pelir). Sementara itu, alat reproduksi bagian dalam terdiri atas (3) sepasang buah pelir (testis), (4) saluran reproduksi (vas deferens), (5) kelenjar kelamin, dan (6) saluran kemih penis (uretra penis). Uretra penis merupakan saluran kemih sekaligus saluran ejakulasi berupa muara terusan dari saluran reproduksi (vas deferens), (7) kandung kemih (vesikaurinaria), dan kandung mani (vesika seminalis). Pertemuan muara saluran tersebut tepat pada sekitar daerah kelenjar postrat. Buah pelir (biji kemaluan) ini berfungsi menghasilkan sel kelamin pria (sperma) dan hormon testosteron. Kelenjar kelamin menghasilkan getah kelamin. Sperma dan getah kelamin itulah yang dinamakan air mani, yang disimpan dalam kantong mani dan dipancarkan keluar melalui uretra penis (saluran kemih di penis).

BAGAIMANAKAH ALAT DAN FUNGSI REPRODUKSI PADA WANITA?

Gambar-2 : Penampang melintang alat reproduksi wanita
Alat dan fungsi reproduksi wanita juga terdiri atas bagian dalam dan luar. Alat reproduksi bagian luar terdiri atas (1) celah luar (vulva), (2) sepasang bibir besar (labium mayora), dan (3) bibir kecil (labium minora) yang terdapat di sebelah kanan kiri vulva. Di sebelah dalam vulva terdapat (4) kelentit (clitoris), semacam penis pada pria yang tumbuh mengecil tapi sangat peka karena penuh urat saraf. Di vulva ini bermuara dua saluran, yaitu (5) saluran kemih dan (6) liang sanggama (vagina). Di dalam vagina(tepatnya di mulut vagina) terdapat (7) selaput dara (hymen).
Sementara itu, alat reproduksi bagian dalam terdiri atas (8) sepasang indung telur (ovarium), (9) sepasang saluran reproduksi (tuba fallopi), dan (10) rahim (uterus). Di dalam ovarium terdapat gelembung folikel penghasil sel telur (ovum). Setiap bulan, salah satu (kadang lebih) ovum akan masak dan diovulasikan ke luar menuju tuba fallopi. Buah dada juga disebut alat reproduksi karena disiapkan untuk menyusui bayi yang dilahirkan. Keseluruhan alat reproduksi, termasuk buah dada, dan daerah-daerah sekitarnya sangat sensitif serta mudah terangsang. Ada yang menyebut bagian-bagian ini sebagai daerah erotis.

BAGAIMANA PROSES KEHAMILAN PADA WANITA?


Remaja putri yang telah menstruasi berarti sudah mampu bereproduksi. Pada saat sanggama, laki-laki memasukkan sperma ke saluran reproduksi wanita melalui rahim terus ke tuba fallopi. Jika dalam tuba fallopi ada ovum, sebuah spermatozoa akan bergabung dengan ovum tersebut dan terjadilah pembuahan membentuk zigot satu sel. Zigot akan berjalan ke arah rahim sambil membelah terus-menerus. Setiba di rahim kurang lebih satu minggu, ovum akan membenamkan diri ke bawah permukaan rahim bagian atas. Selanjutnya, pembelahan diri dan pertumbuhan ovum berkelanjutan dengan terbentuknya embrio (bakal fetus/janin) yang akhirnya tumbuh menjadi fetus (janin) lengkap. Janin ini dihubungkan dengan saluran plasenta di rahim dinding atas. Janin itu akan terus tumbuh dan berkembang. Menginjak usia kandungan sekitar 9 bulan 10 hari, bayi siap lahir.
  

BAGAIMANAKAH PACARAN YANG AMAN DAN SEHAT ?

Dari sisi agama, pacaran yang aman dan sehat adalah pacaran yang tidak melanggar kaidah agama, yakni tak melakukan kegiatan yang menimbulkan syahwat atau keinginan melakukan sanggama.

Dari sudut kehidupan remaja, pacaran yang aman dan sehat adalah pacaran yang tidak menimbulkan kerugian saat ini dan masa depan remaja, termasuk hamil di luar nikah dan tertular penyakit. Untuk itu, pacaran paling buruk pun masih bisa ditoleransi asalkan tidak melakukan sanggama.

Dan pacaran yang aman dan sehat terakhir adalah jika ngobrol harus berjarak 5 meter (teriak – teriak donk jadinya. Hehehe) dan jika boncengan naik sepeda motor diusahakan jaraknya 4 meter, jadi boncengannya naik pick-up atau andong dehh. Hehe ...

INGAT !!!
PACAR YANG BAIK ADALAH PACAR YANG BISA MENJAGA PACARNYA MASING – MASING, BUKAN MERUSAK. DAN JANGANLAH MENJADI BINATANG YANG HANYA MEMENTINGKAN NAFSUNYA SENDIRI TANPA MEMIKIRKAN NASIB BINATANG LAIN YANG IA JADIKAN KORBAN.

APAKAH SANGGAMA ITU?

Sanggama adalah hubungan seksual atau kadang hanya disebut seks. Ada juga yang menyebut penetrasi atau penembusan. Sanggama merupakan kegiatan terpuji yang hanya boleh dilakukan sepasang suami istri yang sah yang saling mencintai untuk melanjutkan keturunan. Ingat termasuk kegiatan terpuji jika dilakukan sepasang suami istri yang sah.
Senggama dilakukan dengan memasukkan penis ke dalam vagina wanita. Proses penetrasi (penembusan) ini menjadi mudah dan dinikmati kedua pihak apabila sebelumnya para pelaku saling merangsang daerah erotis (alat reproduksi dan sekitarnya, buah dada wanita dan bagian badan lain). Tindakan ini akan membuat penis menjadi sangat tegang dan mengeluarkan cairan, sedangkan vagina menjadi membuka dan basah. Seperti dijelaskan sebelumnya, sanggama menjadi jauh lebih nikmat bila didasari atas rasa cinta di antara keduanya. #kalo yang ini saya belum tahu pasti, sebab saya masih kelas XI di MAN GENTENG. Saya bisa menulis ini karna saya pernah membaca salah satu buku.

Ketika pertama kali melakukan sanggama, wanita akan mengalami rasa sakit. Ini karena selaput dara yang ada di mulut vagina robek saat penis dimasukkan.
Perlu untuk diketahui, selain sanggama normal, yakni masuknya penis ke dalam vagina, ada pula sanggama tidak normal. Ini termasuk sanggama oral (penis dimasukkan ke dalam mulut) dan sanggama anal (penis dimasukkan ke dalam dubur). Kedua cara sanggama ini selain menyalahi fitrah manusia juga sangat berbahaya karena lebih mudah menularkan berbagai penyakit, khususnya penyakit menular seksual (PMS).

BAGAIMANAKAH KONDOM DAPAT MENCEGAH KEHAMILAN?

Penggunaan kondom harus dipandang secara arif. Kondom hanyalah suatu alat untuk tujuan tertentu. Salah satu fungsinya adalah mencegah bersatunya sperma dengan sel telur saat persanggamaan untuk kepentingan pengaturan kehamilan bagi kesejahteraan keluarga. Jika salah satu sedang menderita sakit, misalnya penyakit hubungan seksual, hepatitis, atau AIDS, penggunaan kondom diantara suami istri sangat dianjurkan agar penyakit yang diderita salah satu dari mereka tidak menular kepada yang lain.

INFEKSI MENULAR SEKSUAL (IMS)

JENIS-JENIS INFAKSI MENULAR SEKSUAL (IMS) YANG UMUM TERJADI DI INDONESIA :

   1.      GO (GONOROE) ATAU KENCING NANAH
Penyakit ini disebabkan oleh kuman gonokokus. Masa tunasnya sekitar 1-5 hari.
Tanda/Gejala:
- Mulai rasa gatal pada penis
- Keluar nanah dan akhirnya penis menjadi luka
- Pada wanita sering tanpa gejala. Jika sudah gawat, akan terjadi radang kelenjar di labia mayor.
- Apablia tertular pada bayi, penyakit ini bisa menyebabkan kebutaan.
Pengobatan:
Dengan menggunakan penisilin dan antibiotik lainnya, penyakit ini bisa sembuh total.

   2.      SIFILIS (RAJA SINGA)

Penyebabnya adalah Treponema pallidum. Penyakit ini masa tunasnya sekitar 2-4 minggu.

Tanda/Gejala:

- Tahap 1: luka di kemaluan tapi hilang dalam beberapa hari
- Tahap 2: demam dan sakit kelenjar
- Tahap 3: (beberapa tahun) benjolan di kulit, pelunakan tulang, serta kerusakan saraf dan otot (jalannya seperti ayam jantan)

Pengobatan:
Jika pengobatan dilakukan sedini mungkin menggunakan penisilin dan antibiotik lainnya, penderita dapat sembuh total. Namun apabila terlambat, penyakit ini tidak bisa diobati.

   3.      AIDS

Materi HIV / AIDS akan saya jelaskan lebih lengkap disini

   4.       INFEKSI MENULAR SEKSUAL (IMS) LAIN

Penyakit IMS lain umumnya tidak berbahaya.

   5.      ULKUS MOLLE

Penyakit ini disebabkan kuman hemofilus. Gejalanya biasanya terjadi banyak benjolan merah dan sakit di sekitar kemaluan.

   6.       LIMFOGRANULOMA VENEREUM

Penyebabnya adalah virus. Gejalanya berupa benjolan kecil di sekitar kemaluan, mudah pecah, dan mudah menyebar ke mana-mana.
   7.       HERPES GENITALIS

Penyakit ini disebabkan virus Herpes, berupa gelembung berair di sekitar kemaluan. Virus ini mudah ditulari penyakit lain yang bisa membahayakan.

   8.       KONDILOMA AKUMINATA

Penyebabnya adalah virus. Penyakit ini menimbulkan banyak kutil di sekitar kemaluan.

   9.       KANDIDIASIS GENETALIS
Penyebabnya adalah jamur Candida albicans pada alat kelamin.

   10.   TRIKOMONIASIS

Penyakit ini disebabkan oleh parasit Trichomonas vaginalis. Parasit ini menyerang saluran kemih.




Cara mencegah IMS :

  •   Hindari sex bebas
  • Berlaku setia pada pasangan ( bagi yang sudah menikah)
  •  Gunakan kondom untuk membantu mencegah penularan PHS

KELUARGA BERENCANA (KB)

KELUARGA BERENCANA (KB) ?

KB adalah ikhtiar manusia untuk mengatur keluarga agar bahagia dan sejahtera, baik di dunia maupun di akhirat kelak sesuai dengan tugas dan kewajiban manusia menurut agama masing-masing.
Semua usaha menuju tercapainya keluarga bahagia sejahtera sesungguhnya masuk dalam program KB. KB bermakna, semakin dini KB, itu akan makin baik. Dengan kata lain, semakin awal KB dilaksanakan, manfaat yang dirasakan semakin nyata.
Pengaturan KB dititikberatkan dengan cara menentukan kapan suatu keluarga siap mempunyai anak pertama. Artinya kapan seorang ibu siap untuk hamil. Seorang wanita akan siap hamil hanya jika ia sudah dewasa.

Kaidah KB :

Dalam arti biologis: alat-alat tubuhnya sudah cukup matang untuk hamil, melahirkan, dan menyusui si buah hati.

Dalam arti ekonomi: keluarga cukup punya persiapan dari segi finansial untuk merawat ibu hamil dan bayinya kelak.

Dalam arti psikologis: kejiwaan wanita siap menjadi ibu dan kejiwaan laki-laki untuk menjadi ayah.

Yang terpenting, dalam arti sosial-moral: sesudah pernikahan. Kesiapan tersebut ini terjadi pada umur 20 tahun ke atas. Pada masa itulah pasangan bisa dikatakan “matang” untuk melangsungkan pernikahan.
Selanjutnya adalah jarak kelahiran antara anak pertama dan kedua. Ini tentu saja harus memperhatikan kesanggupan ibu untuk hamil dan melahirkan lagi sesudah pulih dari kehamilan yang pertama. Juga, kesanggupan keluarga memelihara dua anak sekaligus. Disarankan jarak anak pertama dengan kedua sekitar tiga tahun atau lebih.
Disarankan kehamilan terakhir terjadi sebelum seorang wanita berusia 35 tahun. Ini dilakukan agar fungsi reproduksi dapat bekerja lebih aman karena pada saat usia 35 tahun keatas, karena fungsi alat reproduksi akan mulai menurun pada usia itu.

Teknik KB dikelompokkan sebagai berikut :

a. Pencegahan bersatunya sperma dengan telur
- Berpuasa (abstinence)
- Penggunaan kondom
- Pengeluaran sperma di luar vagina

b. Pencegahan pembuahan saat sperma dan telur bersatu
- Penggunaan alat KB dalam rahim (AKDR atau IUD: Tunjukkan!
c. Pencegahan pematangan telur pada wanita
- KB hormonal: pil KB
- Suntik KB
- Susuk KB.
d. Penutupan saluran pengeluaran sperma/telur (sterilisasi)

- Pada pria: dengan vasektomi; dilakukan dengan cara menutup saluran reproduksi (vas deferens)

- Pada wanita: dengan tubektomi; dengan menutup saluran reproduks (tuba falopii).

APA REMAJA (PRA NIKAH) BOLEH BER-KB ?
Semua orang, termasuk remaja (pra-nikah), harus memahami KB secara mendalam dan menyeluruh supaya mereka setiap saat siap menghadapi berbagai kemungkinan yang ada.
Dengan pentingnya KB sebagai pengatur keluarga, semua orang–baik yang masih anak-anak maupun dewasa–sebaiknya mengetahui program tersebut supaya mereka melakukan KB ketika sudah menikah. Para remaja juga bisa melakukan KB. Namun, yang dipilih adalah teknik tanpa penetrasi seks yang disebut abstinence atau puasa.

1. MASALAH KESEHATAN LAIN
HEPATITIS-B
Hepatitis-B merupakan jenis penyakit yang disebabkan oleh sejenis virus yang memiliki karakter mirip dengan HIV penyebab AIDS. Penyakit ini juga sebagai peradangan hati yang berbahaya dan dapat berkembang menjadi penyakit kronis serta menjadi salah satu penyebab timbulnya kanker hati dan sirosis (matinya sel-sel hati).
Penyakit ini awalnya hanya menunjukkan gejala ringan serupa flu: tubuh lemas, cepat lelah, demam, sampai pada gejala berat seperti muntah-muntah, demam sangat tinggi, dan kemudian warna kulit menjadi kekuning-kuningan. Pada keadaan berat terdapat gejala-gejala menurunnya fungsi hati, yang bisa berakhir dengan kanker. Atau jika “sembuh”, sel-sel hati mati dan menjadi sirosis. Apabila meluas, penyakit ini bisa menyebabkan gangguan penurunan fungsi hati seperti edema dan perdarahan lambung.
Selain hepatitis-B, berkembang pula jenis baru hepatitis-C dan hepatitis-D yang memiliki tingkat kegawatan lebih tinggi daripada hepatitis-B.
Penularan virus hepatitis-B terjadi sama persis dengan penularan HIV, yakni berupa penularan langsung melalui darah atau produk-produk darah yang meliputi:

  •    Sanggama
  •    Transfusi darah menggunakan alat yang kurang bersih
  •    Dari ibu hamil kejaninnya
  •      Kegemaran masyarakat indonesia menggunakan jarum suntik, padahal kita belum tahu pasti jarum suntik tersenut sudah aman atau belum untuk digunakan 


CARA MENCEGAH DAN MENGOBATI HEPATITIS-B 

Hepatitis-B dapat dicegah dengan vaksinasi. Dengan cara ini, tubuh akan menghasilkan zat anti terhadap hepatitis-B yang disebut Anti-HBs. Tidak semua orang perlu divaksinasi. Seseorang yang sudah telanjur terkena virus hepatitis-B atau yang secara alamiah telah memiliki Anti-HBs tidak perlu mendapat vaksinasi.
Selain itu, pencegahan yang sama juga harus dilakukan sebagaimana halnya dengan AIDS. Pola ABC (Abstinence bagi yang belum menikah, Be faithful, dan Condom dalam keadaan darurat) juga bisa diterapkan dalam mencegah penyebaran penyakit hepatitis-B.
Ada beberapa jenis obat yang dapat digunakan untuk melumpuhkan virus hepatitis-B pada stadium awal. Obat ini hanya bisa didapat dengan resep dokter.
Jika sudah stadium lanjut, yang lebih penting adalah memelihara sel-sel hati yang masih baik agar dapat berfungsi normal. Makanan sehat juga membantu usaha tersebut.

Tuberculosis (TBC)
TBC merupakan penyakit menahun dan menular yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis yang ditularkan lewat dahak yang menyebar ke udara. TBC dapat menyerang setiap orang. Namun, penyakit ini paling sering menghinggapi orang yang berusia 15-35 tahun–khususnya yang bertubuh lemah, kurang gizi, atau tinggal dengan penderita TBC. TBC paling banyak menyerang paru-paru (saluran pernapasan). Namun, TBC juga bisa menjangkiti alat tubuh yang lain. Pada anak, TBC dapat menyebabkan peradangan selaput otak dan gangguan kulit.
Seseorang pengidap TBC menunjukkan tanda dan gejala sebagai berikut :

-          Batuk lebih dari empat minggu, meski sudah minum obat biasa
-          Batuk menahun dan berlendir (pada stadium lanjut berdarah)
-          Panas ringan pada sore hari dan malamnya berkeringat
-          Terasa nyeri pada dada dan punggung atas
-          Menjadi kurus
-          Kulit pucat
-          Suara menjadi parau/serak
-          Dalam stadium lanjut, berbagai infeksi dapat disebabkan oleh kuman TBC–termasuk infeksi kulit, selaput paru, otak, jantung, dan berbagai organ tubuh penting lain.

Cara pencegahan :
·         Vaksinasi Bacilus Calmette Guirin (BCG) bagi bayi sedini • mungkin
·         Makan makanan yang banyak mengandung protein dan vitamin
·         Makan dan istirahat yang teratur
·         Menjaga kebersihan lingkungan
·         Memeriksakan kesehatan secara teratur
·         Menghindari berdekatan napas dengan penderita TBC



Cara pengobatan :

Sebenarnya, berbagai obat sudah ditemukan sebagai pembasmi TBC yang manjur–termasuk INH, streptomisin, etambutol, PAS, dan ripamfisin. Masalahnya, obat-obat tersebut harus diminum dalam jangka panjang secara terus-menerus tanpa berhenti. Ini yang biasanya tak dilakukan penderita dengan baik. Dengan demikian, penyakit yang diderita tidak bisa sembuh secara total. Makanan yang baik dan sehat serta istirahat yang cukup juga membantu penyembuhan penyakit ini.

  6. PENDIDIKAN REMAJA SEBAYA (PRS)

Keluarga

RASA CINTA KELUARGA SANGAT DIPERLUKAN REMAJA
keberhasilan remaja dalam belajar dan mempersiapkan masa depan sangat bergantung pada keterdekatan remaja tersebut dengan keluarga. Rasa cinta kepada keluarga (bagaimanapun keadaan keluarga kita masing-masing) menjadi perekat bagi tumbuhnya rasa tanggung jawab, kematangan, dan kedewasaan seseorang.
Keluarga merupakan tempat pertama seseorang belajar untuk hidup. Keluargalah yang paling mempengaruhi akan jadi apa anak tersebut.

TEMAN SEBAYA

Teman
Teman sejati ialah orang yang hadir di hadapan kita dan siap menolong kita pada saat kita memerlukannya (”a friend indeed is a friend in need). Orang yang tanpa diminta siap menolong kita. Dalam bahasa sajak: “Yang siap menyediakan bahu tempat kita menangis (”shoulder to cry on”).

Teman sebaya
Teman sebaya adalah teman yang amat akrab dengan kita karena jenis kelamin yang sama, usia berdekatan, rumah bersebelahan, bersekolah di tempat yang sama, seminat, dan seterusnya. Dengan demikian, di antara teman sebaya hampir tidak ada rahasia lagi. Teman sebaya menjadi teman senasib sepenanggungan. Karena keterdekatannya, teman sebaya bisa saling mempengaruhi sesuatu menuju kebaikan.

Menjadi teman sebaya :

-          Mencari dan mendapatkan teman sebaya yang bisa saling mengajak pada kebaikan dan bukannya mengajak pada hal-hal yang kurang baik
-          Menjadi contoh bagi teman sebaya lain, baik dalam sikap maupun kepribadian
-          Menempatkan diri sebagai teman sebaya teman-teman di lingkungan sekolah atau lingkungan bermain, yang dipercaya akan dapat membantu memecahkan segala macam persoalan tanpa diminta. Juga, dalam keluarga masing-masing.

PENDIDIKAN REMAJA SEBAYA (PRS)

PRS adalah penjabaran dari kesetiakawanan dan perasaan senasib sepenanggungan. Ini merupakan bukti bahwa seorang teman adalah sahabat sejati.
Para PRS yang sudah dilatih didorong untuk terpanggil menyebarluaskan pengetahuan kepada teman-teman sebaya, di sekolah dan di kelompok bermain, sesuai dengan masalah yang sedang dihadapi oleh teman-teman sebayanya. Tentu saja, para pendidik sendiri diharapkan menjadi panutan bagi teman-teman sebayanya dalam berperilaku. Sikap menjaga rahasia teman juga merupakan prasyarat yang utama.

Tahapan PRS :

Tahap Penerimaan
Pada tahap ini yang penting adalah mendengarkan keluhan atau masalah yang dialami teman. Tunjukkan rasa tertarik Anda. Bantu ia mengungkapkan keseluruhan masalah yang dideritanya

Tahap Pemasukan Ide
Di tahap ini, pelan-pelan masukkan ide Anda ke dalam benak dan hati teman Anda. Usahakan untuk tidak tergesa-gesa dan jangan memasukkan banyak ide secara sekaligus. Sebaiknya, berikan sedikit demi sedikit. Secara berulang-ulang dan berurutan.

Tahap Pemeliharaan
Ide yang sudah dimasukkan harus dipelihara. Ini karena pembentukan atau perubahan perilaku memerlukan waktu yang lama. Untuk keperluan pemeliharaan ini, dibutuhkan upaya terus-menerus dan berulang-ulang guna mengajak teman menuju ke arah dan cita-cita yang telah disepakati bersama.





Bagikan

Jangan lewatkan

Materi PMR : KesJa (Kesehatan Remaja)
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.