Saturday 25 August 2018

Download laporan praktikum SCR dan TRIAC


Laporan praktikum SCR dan TRIAC dapat didownload disini

SCR adalah sebuah komponen elektronika yang berfungsi sebagai saklar elektrik yang akan terus menyala dan untuk memutuskannya gate SCR harus diturunkan sampai ke holding curent SCR. SCR memiliki 3 kaki terminal yaitu gate, anoda, dan katoda. Pada terminal gate SCR dapat mengontrol tegangan yang cukup tinggi.


SCR memiliki fungsi sebagai pengendali atau sebagai saklar (switch). Dalam sebuah rangkaian elektronika, komponen elektronika dalam memutus dan menyambung arus serta tegangan listrik kelas menengah ke atas.


simbol scr dan triac

TRIAC adalah perangkat semikonduktor berterminal tiga yang berfungsi sebagai pengendali arus listrik. Nama TRIAC ini merupakan singkatan dariTRIode for Alternating Current (Trioda untuk arus bolak balik). Sama seperti SCR, TRIAC juga berfungsi sebagai pengendali atau Switching. Namun, berbeda dengan SCR yang hanya dapat dilewati arus listrik dari satu arah (unidirectional), TRIAC memiliki kemampuan yang dapat mengalirkan arus listrik ke kedua arah (bidirectional) ketika dipicu. Terminal Gate TRIAC hanya memerlukan arus yang relatif rendah untuk dapat mengendalikan aliran arus listrik AC yang tinggi dari dua arah terminalnya. TRIAC sering juga disebut dengan Bidirectional Triode Thyristor.

Pada dasarnya, sebuah TRIAC sama dengan dua buah SCR yang disusun dan disambungkan secara antiparalel (paralel yang berlawanan arah) dengan Terminal Gerbang atau Gate-nya dihubungkan bersama menjadi satu. Jika dilihat dari strukturnya, TRIAC merupakan komponen elektronika yang terdiri dari 4 lapis semikonduktor dan 3 Terminal, Ketiga Terminal tersebut diantaranya adalah MT1, MT2 dan Gate. MT adalah singkatan dari Main Terminal.

Laporan praktikum SCR dan TRIAC dapat didownload disini


Bagikan

Jangan lewatkan

Download laporan praktikum SCR dan TRIAC
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.