Monday 27 August 2018

Download laporan praktikum Transistor (NPN & PNP) dan Relay


Transistor sebenarnya berasal dari kata “transfer” yang berarti pemindahan dan “resistor” yang berarti penghambat. Dari kedua kata tersebut dapat kita simpulkan, pengertian transistor adalah pemindahan atau peralihan bahan setengah penghantar menjadi suhu tertentu. Transistor pertama kali ditemukan pada tahun 1948 oleh William Shockley, John Barden dan W.H, Brattain. Tetapi, komponen ini mulai digunakan pada tahun 1958.



Transistor adalah komponen elektronika semikonduktor yang memiliki 3 kaki elektroda, yaitu Basis (Dasar), Kolektor (Pengumpul) dan Emitor (Pemancar). Salah satu fungsi transistor adalah sebagai saklar. Jenis transistor yang dapat digunakan menjadi saklar adalah transistor bipolar, yaitu transistor PNP dan NPN.

Untuk lebih lengkapnya, laporan praktikum transistor (NPNP & PNP) dan Relay dapat didownload disini

gambar lkomponen elektronika transistor dan relay

Relay adalah komponen elektronika yang berupa saklar atau switch elektrik yang dioperasikan menggunakan listrik. Relay juga biasa disebut sebagai komponen electromechanical atau elektromekanikal yang terdiri dari dua bagian utama yaitu coil atau elektromagnet dan kontak saklar atau mekanikal.

Karena Relay merupakan salah satu jenis dari saklar, maka istilah pole dan throw yang dipakai dalam Saklar juga berlaku pada Relay. Berikut ini adalah penjelasan singkat mengenai Istilah pole and throw :

Untuk lebih lengkapnya, laporan praktikum transistor (NPNP & PNP) dan Relay dapat didownload disini

Bagikan

Jangan lewatkan

Download laporan praktikum Transistor (NPN & PNP) dan Relay
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.