Friday 2 February 2018

Cara Mengukur Nilai Resistansi Thermistor (NTC dan PTC) dengan Multimeter

Thermistor adalah jenis resistor yang nilai resistansi atau hambatannya dipengaruhi oleh suhu yang ada disekitar thermistor tersebut. Thermistor terdiri dari dua jenis yaitu NTC dan PTC. Materi tentang resistor beserta cara pengukuran nilai resistansinya dapat dilihat disini. Thermistor memiliki nilai resistansi yang terkandung pada komponen. Oleh karena itu, kita bisa memanfaatkannya untuk mengetahui nilai hambatan yang ada pada thermistor. 


berikut cara untuk mengetahui nilai thermistor dengan menggunakan multimeter :

1. NTC (Negatif Temperature Coefficient)

      NTC merupakan jenis thermistor yang nilai resistansinya akan semakin kecil seiring dengan semakin tingginya suhu disekitar NTC. Pada umumnya NTC merupakan komponen yang digunakan sebagai sensor pada rangkaian elektronika. Berikut merupakan cara untuk mengukur nilai resistansi NTC :
1.       Atur posisi saklar multimeter pada selektor Ohm, lakukan kalibrasi terlebih dahulu pada multimeter atau avometer.
2.       Hubungkan probe multimeter dengan kaki NTC (komponen NTC tidak memiliki polaritas)
3.       Panaskan NTC (dapat digunakan ujung solder, tapi jangan sampai solder menyentuh NTC secara langsung)
4.       Lihat pada multimeter. Besar hambatan akan berbanding terbalik dengan suhu. Semakin panas, maka nilai resistansi dari NTC akan semakin kecil.

cara mengukur nilai resistansi thermistor ntc
Gambar komponen NTC

2. PTC (Positif Temperature Coefficient)
        Berkebalikan dengan NTC, PTC merupakan jenis thermistor yang nilai resistansinya akan semakin besar seiring dengan semakin tingginya suhu disekitar PTC. 

        Pada umumnya fungsi antara PTC dan NTC sama, yaitu untuk memberikan hambatan maupun difungsikan sebagai sensor suhu. Sehingga cara mengukur PTC sama dengan cara mengukur NTC. Yang membedakan adalah nilai resistansi yang dihasilkan. Jika NTC semakin tinggi suhu maka nilai resistansi yang dihasilkan akan semakin kecil, maka PTC akan menghasilkan nilai resistansi yang besar saat diberi suhu yang tinggi.

cara mengukur nilai resistansi thermistor ptc
Gambar komponen NTC



Bagikan

Jangan lewatkan

Cara Mengukur Nilai Resistansi Thermistor (NTC dan PTC) dengan Multimeter
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

1 komentar:

Tulis komentar