Saturday 3 February 2018

Jenis- jenis Variabel Resistor dan Penjelasannya

penjelasan variabel resistor        Seperti yang sudah dijelaskan dimateri resistor, resistor terbagi menjadi 2 macam yaitu resistor tetap dan variable resistor. Variable resistor merupakan jenis resistor yang nilai resistansinya dapat berubah-ubah. Dengan demikian kita dapat dengan mudah untuk memberikan hambatan pada rangkaian sesuai dengan kebutuhan. Berikut merupakan beberapa contoh dari variable resistor beserta penjelasannya :



      1.      LDR
               LDR adalah singkatan dari Light Dependent Resistor yang merupakan salah satu jenis variabel resistor (resistor yang nilai resistansi atau hambatannya dapat berubah). Komponen ini merupakan resistor yang nilai tahanan atau hambatannya sangat peka terhadap intensitas cahaya.
Perlu diketahui bahwa nilai resistansi LDR sangat dipengaruhi oleh intensitas cahaya. Semakin banyak cahaya yang mengenainya, maka semakin menurun nilai resitansinya. Sebaliknya, jika cahaya yang mengenainya sedikit (gelap), maka nilai hambatannya menjadi semakin besar, sehingga arus listrik yang mengalir akan terhambat. Adapun LDR dapat di gambarkan dan di simbolkan sebagai berikut :

penjelasan ldr

   

        2. Potensiometer

                Potensiometer merupakan resistor jenis tidak tetap (variabel resistor) yang secara langsung mengalami nilai resistansi yang berubah-ubah melalui cara diputar atau digeser pada tuas yang telah ada. Potensiometer di buat dengan menggunakan kawat dan karbon. Dalam rangkaian elektronika potensiometer sering dipergunakan. Saat ini banyak sekali potensiometer yang dibuat dari karbon yang berbentuk kecil namun memiliki daya resistansi yang cukup tinggi. Gambar dan simbol potensiometer sebagai berikut : 



  3. Trimpot

            Trimpot merupakan resistor dimana nilai resistansinya dapat berubah dengan diputar secara langsung. Karakter dan sifat trimpot hampir sama dengan potensiometer, yang membedakan adalah bentuknya, kalau trimpot relatif kecil sedangkan potensiometer lebih besar. Perubahan nilai dalam resistor trimpot juga sama denga potensiometer yaitu linier dan logaritmatik. Adapun cara mengubah nilai resistor trimpot adalah dengan cara memutar lubang tengah yang terdapat di tengah trimpot dengan menggunakan obeng.
penjelasan trimpot

         Trimpot dibagi menjadi dua jenis yakni: Single turn Trimpot dan Multi turn Trimpot. Single turn Trimpot merupakan tipe yang sering sekali digunakan karena harganya yang murah sedangkan Multi turn Trimpot digunakan untuk mendapatkan hasil yang lebih akurat pada resolusi yang tinggi.

Sekian penjelasan singkat tentang jenis variable resistor, terima kasih.
 

Bagikan

Jangan lewatkan

Jenis- jenis Variabel Resistor dan Penjelasannya
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.