Friday 7 September 2018

Download laporan praktikum LDR, VR, LED

Laporan praktikum LDR, VR, LED dapat didownload disini

Resistor Tidak Tetap (Variable Resistor) merupakan jenis resistor yang memiliki nilai resistansi yang berubahubah secara langsung yaitu dengan cara menggeser atau memutar tuas yang ada. contoh variabel resistor yaitu seperti trimpot, potensiometer, dan lain - lain. Penjelasan lebih lengkap variabel resistor dapat dibaca disini. 



LDR merupakan salah satu contoh dari variabel resistor. LDR adalah singkatan dari Light Dependent Resistor yang merupakan salah satu jenis komponen elektronika resistor. Komponen ini merupakan resistor yang nilai tahanan atau hambatannya sangat peka terhadap intensitas cahaya.

Perlu diketahui bahwa nilai resistansi LDR sangat dipengaruhi oleh intensitas cahaya. Semakin banyak cahaya yang mengenainya, maka semakin menurun nilai resitansinya. Sebaliknya, jika cahaya yang mengenainya sedikit (gelap), maka nilai hambatannya menjadi semakin besar, sehingga arus listrik yang mengalir akan terhambat. Nilai resistansi minimal yang dapat dimiliki LDR yaitu 500 Ohm, sedangkan nilai resistansi maksimalnya 200 KOhm.


LED (Light Emitting Dioda) adalah dioda yang dapat memancarkan cahaya pada saat mendapat arus bias maju (forward bias). LED (Light Emitting Dioda) merupakan salah satu jenis dioda, sehingga hanya akan mengalirkan arus listrik satu arah saja. Untuk lebih lengkap materi LED (Light Emitting Dioda) dapat dibaca disini.

Bagikan

Jangan lewatkan

Download laporan praktikum LDR, VR, LED
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.